“RANCANGAN KEGIATAN TRAINING PT. HÜBSCH AIFY”
·
Nama :
Ashfiya
Hilyah Awliya
·
NPM :
11514739
Kelas : 3pa10
Kelas : 3pa10
1.
Deskripsi Perusahaan Hübsch Aify
Sumber gambar : https://www.google.co.id/searchq=makeup&espv=2&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiQubjgheDQAhXFnZQKHaShBi4Q_AUICCgB&biw=1366&bih=638#imgrc=yVv4-Yp2EWWrsM%3A
Perusahaan
Hubsch Aify bergerak dibidang kosmetik. Berbagai kosmetik dengan harga yang
terjangkau dan kualitas yang sangat tinggi pasti akan sangat memuaskan
pelanggan. Produk-produk kosmetik seperti BB cream, DD cream, foundation, eyeliner, eyepencil, blush on,
mascara, lipstick dengan berbagai varian merupakan produk yang dihasilkan
dari negara Jerman.
Perusahaan ini didirikan pada 18 April 2010 oleh Prof. Dr. E.S. Muhammad Ainul Rafiq, SE., MM yang sekarang menjabat menjadi Direktur di perusahaan ini. Perusahaan ini terletak di Jalan Sudirman 3 No. 56. PT ini telah membuat 50 market yang tersebar luas di wilayah Indonesia.
Perusahaan ini didirikan pada 18 April 2010 oleh Prof. Dr. E.S. Muhammad Ainul Rafiq, SE., MM yang sekarang menjabat menjadi Direktur di perusahaan ini. Perusahaan ini terletak di Jalan Sudirman 3 No. 56. PT ini telah membuat 50 market yang tersebar luas di wilayah Indonesia.
Selain
memberikan produk dengan kualitas yang sangat baik, perusahaan ini juga harus
memberikan kualitas pelayanan yang baik. Agar kualitas pelayanan yang diberikan
oleh pegawai yang bertugas sebagai kasir dan penjaga market Hubsh Aify terus
memberikan kualitas pelayanan yang sangat baik akan diadakannya training. Pegawai yang akan melakukan
training sebanyak 50 orang peserta. Training
ini ditujukan agar kualitas pelayanan menjadi semakin lebih baik, khususnya
dalam melayani pelanggan.
2.
Teori Kualitas Pelayanan
Pengertian
Kualitas Pelayanan
Menurut Parasuraman, Zeithaml, dan Berry
(dalam Kaihatu, Daengs dan Indrianto, 2015) kualitas pelayanan merupakan perbandingan
antara layanan yang dirasakan (persepi) pelanggan kualitas layanan adalah
sebuah tingkat keuggulan dan pengendalian terhadap tingkat keunggulan tersebut,
dalam rangka memenuhi keinginan pelanggan. Dua definisi ini memiliki kesamaan,
yaitu menitik beratkan pada konsumen.
Menurut
Kaihatu (2015) kualitas pelayanan merupakan dasar bagi pemasaran jasa, karena inti
produk yang dipasarkan adalah suatu kinerja (yang berkualitas). Kinerja inilah
yang dbeli oleh pelanggan, karena itu kualitas kinerja pelayanan merupakan
dasar bagi pemasaran jasa.
Menurut Lewis dan Booms (dalam Tjiptono, 2012) mendefinisikan
kualitas pelayanan secara sederhana, yaitu ukuran seberapa bagus tingkat
layanan yang diberikan mampu sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Artinya kualitas
pelayanan ditentukan oleh kemampuan perusahaan atau lembaga tertentu untuk
memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan apa yang diharapkan atau diinginkan
berdasarkan kebutuhan pelanggan/pengunjung.
Dimensi Pokok Kualitas Layanan
Menurut Parasuraman, Zeithaml, dan
Berry (dalam Kaihatu, Daengs dan Indrianto,
2015) dalam perkembangannya, dimensi - dimensi tersebut tereduksi
menjadi lima dimensi pokok untuk mengukur kualitas layanan. Dimensi pokok
tersebut antara lain:
a.
Realibilitas (Realibility)
Berkaitan dengan kemampuan perusahaan memberikan pelayanan sesuai
dengan apa yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya. Kinerja harus sesuai
dengan harapan pelanggan yang tercermin dari ketepatan waktu, pelayanan yang
sama untuk semua pelanggan tanpa kesalahan, sikap simpatik dan akurasi yang
tinggi.
b.
Daya Tanggap (Responsiveness)
Berkenaan dengan kemauan untuk membantu pelanggan dan memberikan
jasa dengan cepat dan tepat dengan penyampaian informasi yang jelas.
Mengabaikan dan membiarkan pelanggan menunggu tanpa alasan yang jelas
menyebabkan persepsi yang negative dalam kualitas pelayanan.
c.
Jaminan (Assurance)
Berkenaan dengan pengetahuan, kesopan-santunan dan kemampuan para
pegawai perusahaan untuk menumbuhkan rasa percaya para pelanggan kepada
perusahaan. Hal ini meliputi beberapa komponen, antara lain:
1) Komunikasi (communication), yaitu secara terus menerus memberikan informasi
kepada pelanggan dalam bahasa dan penggunaan kata yang jelas sehingga para
pelanggan dapat dengan mudah mengerti apa yang diinformasikan pegawai serta
dengan cepat dan tanggap menyikapi keluhan dan komplain dari para pelanggan.
2) Kredibilitas (credibility), perlunya jaminan atas suatu kepercayaan yang
diberikan kepada pelanggan, believability atau sifat kejujuran, menanamkan
kepercayaan, memberikan kredibilitas yang baik bagi perusahaan pada masa yang
akan datang.
3) Keamanan (security),
adanya suatu kepercayaan yang tinggi dari pelanggan akan pelayanan yang
diterima. Tentunya pelayanan yang diberikan mampu memberikan suatu jaminan
kepercayaan.
4) Kompetensi (competence) yaitu keterampilan yang dimiliki dan dibutuhkan agar
dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dapat dilaksanakan dengan optimal.
5) Sopan santun (courtesy), dalam pelayanan adanya suatu nilai moral yang dimiliki
oleh perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Jaminan akan
kesopan-santunan yang ditawarkan kepada pelanggan sesuai dengan kondisi dan
situasi yang ada.
3.
Perencanaan Training
Training akan dilakukan pada :
Waktu : Selasa, 13 Desember 2016 - Rabu, 14 Desember
2014.
Tempat :
Hotel Marinka Pink. Jalan Sembahdaya III No. 4
Pukul :
08.00 WIB diharapkan peserta training berkumpul di Lobby Hotel
Narasumber : Ashfiya Hilyah Awliya, S.Psi., M.Psi Psikolog dan Atikah Isma Hanna, S.Psi, M.Psi Psikolog
Narasumber : Ashfiya Hilyah Awliya, S.Psi., M.Psi Psikolog dan Atikah Isma Hanna, S.Psi, M.Psi Psikolog
Jadwal
(Rundown Acara) Training PT. Hubsch Aify
Hari
|
Pukul
|
Acara
|
Deskripsi
|
Selasa, 13 Des
|
O8.00 – 09.00
|
Berkumpul di
Lobby Hotel
|
|
10.00
|
Semua peserta
sudah memasuki ruang training
|
||
10.00 – 11.00
|
Pembukaan oleh
Direktur PT. Hubsch Aify (Prof. Dr. E.S. Muhammad Ainul Rafiq, SE., MM)
&
Narasumber (Ashfiya Hilyah Awliya, S.Psi., M.Psi Psikolog)
|
||
11.00 – 12.00
|
Training 1 oleh
Ashfiya Hilyah Awliya, S.Psi., M.Psi Psikolog
|
Bertujuan agar trainee dapat memberikan
pelayanan sesuai dengan apa yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya.
|
|
12.00 – 13.00
|
Lunch & Break
|
||
13.00 – 14.00
|
Training 2 oleh Atikah Isma Hanna, S.Psi, M.Psi Psikolog
|
Bertujuan agar trainee dapat membantu
pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat dan tepat dengan penyampaian
informasi yang jelas.
|
|
14.00 – 15.00
|
Training 3 oleh
Ashfiya Hilyah Awliya, S.Psi., M.Psi Psikolog
|
Bertujuan agar trainee dapat memiliki pengetahuan,
kesopan-santunan dan kemampuan para pegawai perusahaan untuk menumbuhkan rasa
percaya para pelanggan kepada perusahaan
|
|
15.00 – 15.30
|
Games yang diberikan oleh
trainer
|
||
15.30 – 16.30
|
Training 4 oleh
Atikah Isma Hanna, S.Psi, M.Psi Psikolog
|
Bertujuan agar trainee dapat memberikan informasi kepada
pelanggan dalam bahasa dan penggunaan kata yang jelas sehingga para pelanggan
dapat dengan mudah mengerti apa yang diinformasikan pegawai serta dengan
cepat dan tanggap menyikapi keluhan dan komplain dari para pelanggan.
|
|
16.30 – 18.00
|
Break
|
||
18.00 – 19.00
|
Training 5 oleh
Ashfiya Hilyah Awliya, S.Psi., M.Psi Psikolog
|
Bertujuan agar trainee dapat kepercayaan
yang diberikan kepada pelanggan, believability atau sifat kejujuran, menanamkan
kepercayaan, memberikan kredibilitas yang baik bagi perusahaan pada masa yang
akan datang.
|
|
19.00 – 20.00
|
Games
|
||
20.00
|
Break
|
||
Rabu, 14 Des
|
08.00 – 09.00
|
Training 6 oleh
Atikah Isma Hanna, S.Psi, M.Psi Psikolog
|
Bertujuan agar trainee dapat kepercayaan
yang tinggi dari pelanggan akan pelayanan yang diterima. Tentunya pelayanan
yang diberikan mampu memberikan suatu jaminan kepercayaan.
|
09.00 – 10.00
|
Training 7 oleh
Ashfiya Hilyah Awliya, S.Psi., M.Psi Psikolog
|
Bertujuan agar trainee dapat memiliki keterampilan
yang dimiliki dan dibutuhkan agar dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan
dapat dilaksanakan dengan optimal.
|
|
10.00 – 11.00
|
Training 8 oleh
Atikah Isma Hanna, S.Psi, M.Psi Psikolog
|
Bertujuan agar dalam
pelayanan adanya suatu nilai moral yang dimiliki oleh perusahaan dalam
memberikan pelayanan kepada pelanggan. Jaminan akan kesopan-santunan yang
ditawarkan kepada pelanggan sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada.
|
|
11.00 – 11.30
|
Penutupan
oleh Direktur PT. Hubsch Aify (Prof.
Dr. E.S. Muhammad Ainul Rafiq, SE., MM) & Narasumber (Atikah Isma Hanna,
S.Psi, M.Psi Psikolog)
|
||
11.30
|
Acara training
selesai
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar